IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DALAM KOMPETENSI DESAIN PRODUK MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF BAGI SISWA SMK
Main Article Content
Abstract
Mengintegrasikan teknologi dan internet ke dalam proses pembelajaran di dunia pendidikan merupakan salah satu langkah dalam menyesuaikan perkembangan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memperkirakan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2023 telah mencapai 78,19% dari total populasi, yang setara dengan 216 juta jiwa dari jumlah penduduk yang mencapai 276 juta jiwa. Proyeksi ini menandakan adanya kecenderungan peningkatan sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu media pembelajaran berbasis website yang mampu menunjang proses pembelajaran dengan pemanfaatan media komputer melalui browser. Dalam penerapannya media ini dapat dimanfaatkan peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara fleksibel. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Driyorejo pada kelas XII MM 1 sebagai kelas eksperimen dan XII MM 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D model Borg and Gall. Analisis data yang ditentukan, yaitu dengan analisis data validasi dan analisis hasil proyek belajar menggunakan proses pengujian data SPSS Statistics 23. Dalam proses tahapan validasi media oleh dosen ahli, diperoleh hasil dalam bentuk persentase sebesar 95% yang menunjukkan bahwa media berada pada kategori sangat baik dan dapat digunakan. Lalu hasil analisis keterampilan peserta didik membuktikan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 85,67 sedangkan kelas kontrol mendapatkan hasil rata-rata sebesar 77,1. Hal tersebut membuktikan bahwa nilai rata-rata atau mean kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dalam konteks hipotesis, penolakan H0 dan penerimaan H1 yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh dalam bentuk perbedaan hasil proyek belajar peserta didik antara kelas yang menerapkan media pembelajaran berbasis website dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional.