PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PjBL PADA KEAHLIAN FRONT END WEB DEVELOPMENT BERSTANDAR INDUSTRI UNTUK SISWA SMK

Main Article Content

Dava Daviar Saputra
Bambang Sujatmiko

Abstract

Platform yang dikembangkan oleh peneliti bernama Codenesa yang di dalamnya membahas mengenai materi pemrograman antarmuka situs web agar bersifat interaktif dan indah dipandang ketika pengguna mengunjungi dan mengakses situs tersebut. Codenesa berbentuk modul elektronik yang di dalamnya terdapat fitur interaktif untuk siswa agar dapat mempraktikkan sintaks - sintaks yang dijelaskan. Tujuan diciptakan dan dikembangkannya platform Codenesa ini adalah untuk membantu siswa SMK agar memiliki portofolio nyata sebagai bekal terjun ke bidang industri digital. Alur dari pembuatan dan pengembangan Codenesa ini melalui penemuan masalah, pengumpalan data, tahap produksi dan pengembangan platform Codenesa sendiri, tahap validasi dari dosen ahli meliputi materi dan segi produk Codenesa sebagai platform. Hasil dari tahap validasi dosen ahli menunjukkan nilai 86,66% sedangkan nilai dari respon siswa ketika sudah menggunakan platform Codenesa sebagai media belajar menunjukkan hasil 93,13%. Selain itu yang tidak kalah penting adalah peningkatan hasil yang dilakukan ketika pretes dan posttes menunjukkan hasil yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari rata - rata pretes siswa dengan nilai sebesar 50 dan mendapatkan nilai rata - rata posttes 81,94. Dapat disimpulkan dengan menggunakan platform Codenesa dapat meningkatkan rata - rata sebesar 31.94% dibandingkan dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan Codenesa yang hanya dapat meningkatkan nilai rata - rata sebesar 13,66%.

Article Details

How to Cite
Saputra, D., & Sujatmiko, B. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PjBL PADA KEAHLIAN FRONT END WEB DEVELOPMENT BERSTANDAR INDUSTRI UNTUK SISWA SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 181-188. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/56279
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>