Implementasi Compiler Java Plugin Moodle untuk Melacak PjBL untuk Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Berorientasi Obyek
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70090Abstract
Cepatnya inovasi di bidang teknologi informasi saat ini turut memengaruhi perubahan dalam sistem pembelajaran di Indonesia, dengan adanya perkembangan teknologi ini dapat memudahkan bagi tenaga pengajar untuk memberikan materi dengan cara yang lebih efektif, variatif dan efisien. Platform Moodle sangat sesuai digunakan sebagai alat bantu dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran yang sulit dipahami secara langsung di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu plugin tambahan dan media pembelajaran berbasis moodle dengan adanya evaluasi dari validator, yang terdiri dari dosen dan guru, proses penilaian menjadi lebih objektif dan akurat untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis moodle dalam meningkatkan kompetensi pemrograman berorientasi obyek siswa dinilai dari kemampuan siswa Kemampuan berpikir dan tindakan motorik dalam proses belajar Rekayasa Perangkat Lunak dengan memakaimoodle sebagai media dengan model pembelajaran Project based Learning. Metode Research & Development adalah yang digunakan dalam penelitian ini dengan prosedur ADDIE, tahapan ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Desain uji coba yang digunakan dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini observasi, wawancara, tes dan dokumentasi yang divalidasi oleh validator. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh pada validasi media dengan nilai 93,93 % (sangat valid), validasi RPP sebesar 82,30 (sangat valid), validasi materi sebesar 95% (sangat valid), validasi soal 97,27 9 (sangat valid). Dari hasil validasi tersebut dikategorikan sangat valid dan dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Untuk hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar <0.001 dimana nilai sig. <0.05. dengan nilai ini maka diketahui jika nilai sig. <0.05 sehingga H0 ditolak dan H1. Dapat disimpulkan dari pengujian yang telah dilaksanakan penggunaan media pembelajaran berbasis model dengan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan nilai kognitif dan psikomotorik dalam kompetensi pemrograman berorientasi obyek.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 150
,
PDF Downloads: 65
