RANCANG BANGUN MEDIA PRAKTIK PEMROGRAMAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WEB DEVELOPER PADA SISWA SMK

Main Article Content

Dava Pratama
Bambang Sujatmiko

Abstract

Angka pengangguran lulusan bidang ilmu IT tingkat menengah di Indonesia cukup besar karena perusahaan lebih memilih lulusan strata -1 ke atas yang dianggap memiliki kompetensi lebih yang dibutuhkan dunia industri dibandingkan lulusan SMA atau sederajat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK bidang pengembangan web dengan merancang dan membangun media praktik pemrograman pada mata pelajaran pemrograman web. Penelitian ini dilakukan kepada di SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2023/2024 dengan program keterampilan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Metode penelitian yang menggunakan pretest post control design. Sampelnya berjumlah 74 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Data hasil pretest dan posttest pada penelitian ini berupa 40 soal pilihan ganda. Hasil penelitian dengan Mann Whitney dengan hasil Asymp.Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga bisa disimpulkan Ha diterima. Maka hipotesis penelitian ini diterima yaitu adanya pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi web developer pada siswa menggunakan media latihan pemrograman berbasis web ini.

Article Details

How to Cite
Pratama, D., & Sujatmiko, B. (2024). RANCANG BANGUN MEDIA PRAKTIK PEMROGRAMAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WEB DEVELOPER PADA SISWA SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 101-109. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/59006
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>