Pengembangan LMS Berbasis Proyek Guna Meningkatkan Kompetensi Web Developer Siswa SMK

Authors

  • Achmad Syahrul Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Sujatmiko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71365

Abstract

Lulusan di Indonesia menghadapi ketidaksesuaian antara keterampilan mereka dengan kebutuhan industri. Hal ini mencakup masalah literasi, seperti kemampuan membaca dan menulis, serta etos kerja yang lemah, sebagaimana disoroti oleh hasil PISA Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan dan mengkaji bagaimana sistem manajemen pembelajaran (LMS) berbasis proyek dapat membantu siswa RPL kelas 11 di SMKN 2 Surabaya dalam meningkatkan kemampuan pengembangan web mereka dengan menerapkan keterampilan berpikir komputasional. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) berbasis model ADDIE, dengan pendekatan kuasi-eksperimental yang mengikuti Pretest-Posttest Control Group Design. Untuk pengumpulan data, tes (kognitif dan psikomotorik), kuesioner, observasi, dan wawancara dilakukan. Temuan menunjukkan bahwa LMS "e-ASRam", berdasarkan umpan balik dari validator dan siswa, memiliki manfaat penting dalam hal kegunaan dan kesederhanaan. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai signifikansi untuk keterampilan kognitif adalah 0,047 (<0,05) dan untuk keterampilan psikomotorik adalah 0,000 (<0,05). Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Singkatnya, pembuatan LMS "e-ASRam" menggunakan pendekatan PjBL telah efektif dan sesuai untuk meningkatkan keterampilan pengembangan web secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Ramadhan, A. S., & Sujatmiko, B. (2025). Pengembangan LMS Berbasis Proyek Guna Meningkatkan Kompetensi Web Developer Siswa SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 180–191. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71365
Abstract views: 72 , PDF Downloads: 28

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>