Pengembangan LMS Berbasis Proyek Guna Meningkatkan Kompetensi Web Developer Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.71365Abstract
Lulusan di Indonesia menghadapi ketidaksesuaian antara keterampilan mereka dengan kebutuhan industri. Hal ini mencakup masalah literasi, seperti kemampuan membaca dan menulis, serta etos kerja yang lemah, sebagaimana disoroti oleh hasil PISA Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan dan mengkaji bagaimana sistem manajemen pembelajaran (LMS) berbasis proyek dapat membantu siswa RPL kelas 11 di SMKN 2 Surabaya dalam meningkatkan kemampuan pengembangan web mereka dengan menerapkan keterampilan berpikir komputasional. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) berbasis model ADDIE, dengan pendekatan kuasi-eksperimental yang mengikuti Pretest-Posttest Control Group Design. Untuk pengumpulan data, tes (kognitif dan psikomotorik), kuesioner, observasi, dan wawancara dilakukan. Temuan menunjukkan bahwa LMS "e-ASRam", berdasarkan umpan balik dari validator dan siswa, memiliki manfaat penting dalam hal kegunaan dan kesederhanaan. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai signifikansi untuk keterampilan kognitif adalah 0,047 (<0,05) dan untuk keterampilan psikomotorik adalah 0,000 (<0,05). Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Singkatnya, pembuatan LMS "e-ASRam" menggunakan pendekatan PjBL telah efektif dan sesuai untuk meningkatkan keterampilan pengembangan web secara signifikan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 72
,
PDF Downloads: 28
