Rancang Bangun LMS Berbasis Web Mengimplementasikan Project Based Learning untuk Melacak Proses Pembelajaran PJBL Dalam Meningkatkan Kompetensi Pemrograman Javascript (Studi Kasus Siswa Kelas XI RPL I DI SMKN 2 Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i01.65604Abstract
Learning Management System yang dirancang peneliti dengan nama Codepinter ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dalam merancang LMS berbasis web yang khusus dirancang untuk mata pelajaran pemrograman web. LMS ini diharapkan dapat melacak perkembangan pembelajaran berbasis proyek dan sekaligus meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai bahasa pemrograman JavaScript. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LMS dengan mengikuti langkah-langkah model ADDIE.Data hasil validasi media, materi, soal dan RPP menunjukkan tingkat kevalidan secara berturut-turut yaitu, 90.9%, 86.67%, 87.78%, 86.36%. Analisis uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. < 0.05 membuktikan bahwa penerapan LMS berbasis proyek dalam pembelajaran JavaScript secara efektif. Pada nilai kognitif diperoleh rata-rata pre test sebesar 50.56 dan post test sebesar 82.50. Sedangkan nilai psikomotorik diperoleh rata-rata pre test sebesar 60.17 dan post test sebesar 87.81. Hasil penelitian mendukung hipotesis H1 bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui LMS dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menguasai bahasa pemrograman JavaScript.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

