Efektifitas Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Intan Nikhlatul Umroh Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p14-27

Keywords:

Efektivitas, Google Classroom, Motivasi

Abstract

Di awal tahun 2020, virus corona atau yang dikenal dengan (Covid-19) telah ditemukan. Sehingga sekolah-sekolah melakukan pembelajaran daring. Dari sini lah timbul beberapa kendala-kendala dalam pembelajaran. Salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan aplikasi google classroom. Adapun tujuan untuk mengetahui motivasi siswa, efektivitas dan faktor-faktor pendukung motivasi siswa pada saat pembelajaran kearsipan di masa pandemi dengan menggunakan google classroom. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif penentuan narasumber menggunakan purposive sampling yaitu pada waka kurikulum, guru mata pelajaran dan siswa kelas X OTKP SMKN 1 Sooko. Hasil penelitian didapatkan bahwa dalam pembelajaran menggunakan google classroom guru dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran kearsipan selama pandemi hal ini dapat ditunjukkan dengan respon positif siswa. Selain itu dengan menggunakan google classroom pembelajaran menjadi efektif. Dalam hal ini faktor-faktor pendukung motivasi siswa pada pembelajaran kearsipan masing-masing siswa memiliki cara sendiri-sendiri misalnya dengan belajar kelompok dengan memanfaatkan teknologi yang ada, adanya dukungan dari orang tua sebagai penyemangat dan mencari gaya belajar yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-23

How to Cite

Umroh, I. N., & Wulandari, S. S. (2021). Efektifitas Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p14-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 593 , PDF Downloads: 1023

Most read articles by the same author(s)