Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo

  • Anyelir Puspa Ayudia Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategi Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana citra Pemerintah Kota Probolinggo, menganalisis strategi komunikasi apa yang digunakan Humas dalam meningkatkan citra positif Pemerintah Kota Probolinggo dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja Pemerintah Kota Probolinggo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Strategi Komunikasi, Humas Pemerintah, Humas, Peran Humas dan Citra Positif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan ada 2 orang, satu informan adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo dan 1 informan lainnya adalah staf Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara dan observasi langsung ke lapangan sebagai data primer dan sumber kepustakaan sebagai data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 3 prosedur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa citra Pemerintah Kota Probolinggo di mata masyarakat dinilai baik. Strategi komunikasi yang digunakan seperti menjaga pola komunikasi, merencanakan dan menyusun tugas sebagai humas Pemerintah Kota Probolinggo, serta menjaga keterbukaan dan informasi yang diberikan kepada publik dapat mempengaruhi citra Pemerintah Kota Probolinggo. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi citra positif Pemerintah Kota Probolinggo adalah dengan meningkatkan sistem pelayanan, menjaga komunikasi dan kerjasama yang baik antar anggota Pemerintah Kota Probolinggo atau dengan masyarakat serta keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Published
2021-07-22
Section
Articles