Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya

  • Ratih Octaviana Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi, HOTS, Project Based Learning, Quasi experiment

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya. Penelitian ini mengggunakan quasi experimental design dengan two group randomized posttest only control design. Sampel penelitian dalam penlitian ini adalah kelas XI OTKP 2 dan XI OTKP3 sejumlah 68 siswa. Teknik pengambilan datanya dalam bentuk wawancara secara langsung, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah tes uji sampel independen. Sesuai hasil uji coba penelitian ini diperoleh thitung sebesar 2,802 serta taraf signifikasi sebesar 0,007. Dengan taraf kepercayaan 95% dan nilai α = 0,05 (df) 66, sehingga diperoleh besar ttabel sebesar 2,652. Dapat disimpulkan thitung 2,802 > ttabel 2,652, sehingga  H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKWU) kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya.

Published
2022-05-04
How to Cite
Puspitasari, R., & Wulandari, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI OTKP di SMKS Ketintang Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(1), 12-19. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n1.p12-19
Section
Articles
Abstract View: 140
Article Download: 361