Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Tri Purnomo Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350

Keywords:

Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar

Abstract

Artikel ini menganalisis model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pembelajaran seharusnya menyenangkan bagi siswa sehingga hasil belajar dan motivasi belajar siswa dapat meningkat. Namun dalam proses pembelajaran pada umumnya guru lebih sering menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi jenuh dan kurang bersemangat karena tidak ada variasi pada saat kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya metode pembelajaran yang tepat untuk merangsang keaktifan siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan metode pembelajaran yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok, dan merupakan metode pembelajaran kooperatif yang tepat untuk mengaktifkan siswa selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman: pertama dengan reduksi data, kedua penyajian data dan ketiga menarik kesimpulan. Hasil penerapan Two Stay Two Stray (TSTS) yang diharapkan guru adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Aji, T. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 340–350. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1001 , PDF Downloads: 2293

Most read articles by the same author(s)