Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Blitar

  • Wheprista Tri Puspitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sri Wulandari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pengembangan, empat-D, discovery learning, lembar kerja peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan kelayakan, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap Lembar Kerja Peserta Siswa (LKPD) berbasis Discovery Learning di SMK PGRI 3 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan empat dimensi. Subjek uji dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas XI OTKP di SMK PGRI 3 Blitar yang diambil sebanyak 20 orang secara acak sebagai uji coba terbatas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket dan lembar validasi ahli. Berdasarkan tabel rekapitulasi ahli bahan ajar diperoleh nilai kelayakan sebesar 83,8% dengan interpretasi kuat, sehingga bahan ajar yang dikembangkan tergolong layak digunakan sebagai bahan ajar pada saat pembelajaran. Hasil pengisian angket oleh siswa dengan perhitungan analisis uji coba terbatas mendapatkan persentase 90,7% dengan interpretasi yang sangat kuat, sehingga buku ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Published
2022-07-20
How to Cite
Puspitasari, W., & Wulandari, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI di SMK PGRI 3 Blitar. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(1), 51-61. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n1.p51-61
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 167