Keefektifan Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Kearsipan pada Siswa Kelas X Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Authors

  • Hafsah Rodliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p94-107

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Daring, Kearsipan, OTKP

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua lembaga pendidikan dalam pembelajarannya dilaksanakan secara daring, hal tersebut pun juga dilaksanakan oleh jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Ketintang Surabaya yang pembelajarannya dilaksanakan secara daring dengan mempergunakan Zoom, WhatsApp dan Edulearning menjadi media pendukung dalam melaksanakan belajar mengajar. Tujuan adanya penelitian untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring dalam mata pelajaran kearsipan siswa kelas X Jurusan OTKP. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan dalam menganalisis datanya meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu uji validitas datanya dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian pembelajaran daring di Jurusan OTKP SMK Ketintang Surabaya pada mata pelajaran kearsipan dikatakan efektif. Hal tersebut terlihat dari pernyataan positif yang dipaparkan oleh siswa dan guru mengenai keefektifan pembelajaran daring melalui empat indikator yakni kecermatan penguasaan, kecepatan unjuk kerja, tingkat alih belajar, dan tingkat retensi. Serta hasil belajar siswa yang menunjukkan 52% siswa memperoleh kategori rata-rata nilai sangat tinggi dan 33% siswa memperoleh kategori rata-rata nilai tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Rodliyah, H., & Rosy, B. (2021). Keefektifan Pembelajaran Daring dalam Mata Pelajaran Kearsipan pada Siswa Kelas X Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 94–107. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p94-107

Issue

Section

Articles
Abstract views: 212 , PDF Downloads: 440

Most read articles by the same author(s)