Keefektifan Penggunaan Edmodo sebagai Media Pembelajaran E-Learning Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 4 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p391-405Keywords:
Edmodo, E-Learning, Media PembelajaranAbstract
Maraknya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yaitu dengan menghimbau agar pembelajaran dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan internet. Perkembangan teknologi industri 4.0 telah masuk ke dunia pendidikan dalam bentuk media pembelajaran berbasis E-Learning. Edmodo adalah salah satu platform berbasis internet yang menyediakan layanan untuk membantu memfasilitasi guru menyampaikan materi dan tugas-tugas untuk siswa. Edmodo memungkinkan guru dan siswa untuk saling berkomunikasi tulisan melalui dunia maya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan dan penggunaan Edmodo serta mengetahui keunggulan dan kekurangan Edmodo sebagai media pembelajaran E-Learning siswa kelas XI OTKP 3 di SMK 4 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Edmodo sebagai media media pembelajaran E-Learning dapat dikatakan efektif. Edmodo memiliki tampilan seperti Facebook sehingga mudah dipelajari dan di gunakan oleh guru dan siswa. Nilai rata-rata siswa selama penggunaan Edmodo sebesar 87 dan dikategorikan baik. Edmodo sebagai media pembelajaran E-Learning memiliki kelebihan dan meningkatkan ketertarikan belajar serta membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.