Keefektifan Aplikasi Google Classroom sebagai Penunjang Media Pembelajaran Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 10 Surabaya

  • Vinni Anugerah Permatasari Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy
Keywords: Keefektifan, Google classroom, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring melalui aplikasi google classroom pada mata pelajaran kearsipan. Penggunaan google classroom diharapkan mampu membantu guru dalam menyampaikan materi dan tugas kepada siswa serta menjadikan siswa disiplin dalam pengumpulan tugas dengan fitur yang ada di google classroom. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Responden yang dituju oleh peneliti yaitu guru mata pelajaran kearsipan dan siswa SMKN 10 Surabaya. Hasil penelitian ini adalah google classroom efektif digunakan pada mata pelajaran kearsiapan karena guru dan siswa mudah untuk mengakses sesuai dengan pembelajaran yang diberikan. Efektivitas pembelajaran kearsipan dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang signifikan mengalami peningkatan setiap waktu melalui tugas dan kuis. Respon siswa mengenai proses pembelajaran daring mata pelajaran kearsipan menggunakan aplikasi google classroom yaitu siswa menjadi lebih senang menggunakan google classroom dikarenakan kemudahan menggunakan fitur dan guru yang tidak memberikan beban tugas yang banyak, google classroom memiliki sifat fleksibel yang mudah di akses dimanapun dan kapanpun, terkait kendala akses internet dari tidak adanya jaringan maupun handpone yang digunakan sebagai pendukung semua siswa untuk pelaksanaan pembelajaran daring.

 

Keywords: Keefektifan, Google Classroom, Media Pembelajaran

Published
2021-12-22
How to Cite
Permatasari, V., & Rosy, B. (2021). Keefektifan Aplikasi Google Classroom sebagai Penunjang Media Pembelajaran Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 10 Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 376-390. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p376-390
Section
Articles
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 530