Pengaruh Self Regulated Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar PKK di SMKN 10 Surabaya

  • Datika Ramadhany Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Self regulated learning, minat belajar, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar yang baik bukan semata-mata diperoleh karena faktor kecerdasan siswa, tetapi faktor lain pun ikut mempengaruhi, antara lain cara siswa mengontrol belajarnya sendiri dan minat belajar yang baik. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh self regulated learning dan minat belajar secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar PKK di SMKN 10 Surabaya. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Intrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. 144 siswa kelas XI di SMKN 10 Surabaya merupakan populasi dalam penelitian ini sedangkan jumlah sampel penelitian 60 dari populasi tersebut. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini : 1). Self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar produk kreatif kewirausahaan (PKK), pengaruh yang diberikan sebesar 12%, 2). Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar produk kreatif kewirausahaan (PKK), pengaruh yang diberikan sebesar 16,6%, 3). Self regulated learning dan minat belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar produk kreatif kewirausahaan (PKK) di SMKN 10 Surabaya, dan pengaruh yang diberikan sebesar 28,6 %.

Published
2021-07-22
How to Cite
Ramadhany, D., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar PKK di SMKN 10 Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 164-178. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p164-178
Section
Articles
Abstract Views: 433
PDF Downloads: 867