Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran

  • Diah Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Prestasi hasil belajar seorang siswa bukan hanya dipengaruhi faktor kecerdasan siswa tersebut melainkan ada faktor lain, diantaranya ialah motivasi juga fasilitas belajar. Jika fasilitas di sekolah memadai serta didukung dengan motivasi oleh siswa tinggi, dengan begitu diyakini hasil dari belajar yang didapat siswa akan memuaskan dan tentunya prestasi belajar akan meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan melihat pengaruh fasilitas belajar juga motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada mapel teknologi perkantoran. Metode yang digunakan ialah kuantitatif serta instrumen penelitian menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan teknik analisis data melalui uji analisis regresi linier berganda yang memeroleh hasil adanya pengaruh positif dan secara simultan antara fasilitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai sig. 0,000 < αlpha (0,05). Fasilitas belajar memperoleh sig. 0,000 < αlpha (0,05) jadi, ada pengaruh secara parsial variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Selain itu motivasi belajar juga memperoleh sig. 0,000 < αlpha (0,05) sehingga ada pengaruh secara parsial variable motivasi dalam belajar siswa terhadap prestasi belajar.

Published
2021-07-22
How to Cite
Rahmawati, D., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), 108-123. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p108-123
Section
Articles
Abstract Views: 820
PDF Downloads: 2360