PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, PENGETAHUAN KEUANGAN, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan keuangan di keluarga, sosial ekonomi orang tua, pengetahuan keuangan, kecerdasan spiritual, dan teman sebaya terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh berjumlah 71 mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan berbantuan SPSS versi 20 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa : (1) pendidikan keuangan di keluarga, sosial ekonomi orang tua, pengetahuan keuangan, kecerdasan spiritual, dan teman sebaya secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa, (2) pendidikan keuangan di keluarga mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi, (3) sosial ekonomi orang tua tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi, (4) pengetahuan keuangan mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi, (5) kecerdasan spiritual tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi, serta (6) teman sebaya mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa.
Kata Kunci: pendidikan keuangan di keluarga, sosial ekonomi orang tua, pengetahuan keuangan, kecerdasan spiritual, teman sebaya, manajemen keuangan pribadi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 2082