STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN DAN TANPA VIDEO MATERI JURNAL PENYESUAIAN DI SMA N 1 PULOKULON

  • MAERAWATI

Abstract

Hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh model pembelajaran namun juga media yang digunakan saat proses belajar mengajar. Pembelajaran berbasis masalah sudah sering digunakan dan memang lebih efektif karena siswa dituntut untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran. Salah satu penunjang model pembelajaran ini adalah media video interaktif. Video ini berfungsi menunjang siswa untuk lebih mengamati peristiwa yang disajikan untuk memecahkan masalah.     

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan dan tanpa menggunakan video di kelas XI IPS SMA N 1 Pulokulon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan desain pra tes dan pasca tes dengan kelompok-kelompok yang diacak. Analisis yang digunakan adalah uji t dengan statistik uji independent sample test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen  mempunyai rerata sebesar  85.29 lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 80.15. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel  (2,041>2,00) sehingga H1 diterima yang menyatakan ada perbedaan signifikan hasil belajar antara yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan video dengan yang tanpa video.

Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, video

Published
2015-08-21
How to Cite
MAERAWATI,. (2015). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN DAN TANPA VIDEO MATERI JURNAL PENYESUAIAN DI SMA N 1 PULOKULON. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13020
Section
Article
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 68