STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN DAN TANPA VIDEO MATERI JURNAL PENYESUAIAN DI SMA N 1 PULOKULON
Abstract
Hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh model pembelajaran namun juga media yang digunakan saat proses belajar mengajar. Pembelajaran berbasis masalah sudah sering digunakan dan memang lebih efektif karena siswa dituntut untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran. Salah satu penunjang model pembelajaran ini adalah media video interaktif. Video ini berfungsi menunjang siswa untuk lebih mengamati peristiwa yang disajikan untuk memecahkan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan dan tanpa menggunakan video di kelas XI IPS SMA N 1 Pulokulon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan desain pra tes dan pasca tes dengan kelompok-kelompok yang diacak. Analisis yang digunakan adalah uji t dengan statistik uji independent sample test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen mempunyai rerata sebesar 85.29 lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 80.15. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel (2,041>2,00) sehingga H1 diterima yang menyatakan ada perbedaan signifikan hasil belajar antara yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan video dengan yang tanpa video.
Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, video
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 68