PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI REKONSILIASI BANK UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI I LAMONGAN

  • NUNIK USYANTI

Abstract

Akuntansi merupakan ilmu pengetahuan aplikatif, terdiri dari teori dan praktik yang memerlukan metode dan media yang berbeda untuk memberikan variasi serta kemudahan memahami materi. Salah satunya yaitu materi rekonsiliasi bank. Penguasaan konsep materi selain dapat dipahami dari mencari tahu sendiri, juga dapat dipahami dari penjelasan guru, sehingga dibutuhkan media pembelajaran inovatif yang dapat menyampaikan konsep awal materi akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan media. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Arief S. Sadiman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka (lembar telaah ahli media dan ahli materi) dan angket tertutup (lembar validasi ahli media dan ahli materi, dan angket respon siswa). Hasil skor persentase diperoleh berdasarkan perhitungan skor menurut skala likert dan Guttman.

Hasil penelitian menunjukkan skor 86,20% dari validasi ahli media, 87,83% dari validasi ahli materi dan 94,58% dari respon siswa. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 89,54%, dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran akuntansi materi rekonsiliasi bank.

Kata kunci: Media, Interaktif, Rekonsiliasi Bank, SMK

Published
2015-08-21
How to Cite
USYANTI, N. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI REKONSILIASI BANK UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI I LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13021
Section
Article
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 272