PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI REKONSILIASI BANK UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI I LAMONGAN
Abstract
Akuntansi merupakan ilmu pengetahuan aplikatif, terdiri dari teori dan praktik yang memerlukan metode dan media yang berbeda untuk memberikan variasi serta kemudahan memahami materi. Salah satunya yaitu materi rekonsiliasi bank. Penguasaan konsep materi selain dapat dipahami dari mencari tahu sendiri, juga dapat dipahami dari penjelasan guru, sehingga dibutuhkan media pembelajaran inovatif yang dapat menyampaikan konsep awal materi akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui respon siswa setelah menggunakan media. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Arief S. Sadiman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka (lembar telaah ahli media dan ahli materi) dan angket tertutup (lembar validasi ahli media dan ahli materi, dan angket respon siswa). Hasil skor persentase diperoleh berdasarkan perhitungan skor menurut skala likert dan Guttman.
Hasil penelitian menunjukkan skor 86,20% dari validasi ahli media, 87,83% dari validasi ahli materi dan 94,58% dari respon siswa. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 89,54%, dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran akuntansi materi rekonsiliasi bank.
Kata kunci: Media, Interaktif, Rekonsiliasi Bank, SMK
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 272