PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG BERBANTUAN DAN TANPA BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA
Abstract
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan dan tanpa berbantuan Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan dan tanpa berbantuan Lembar Kerja Siswa pada mata diklat akuntansi kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 35,75 % sedangkan kelas kontrol sebesar 25,09%. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 91,39 sedangkan kelas kontrol sebesar 84. Selain itu, hasil Uji Hipotesis mengunakan bantuan program SPSS dengan uji statistik Independen Samples Test menunjukkan taraf signifikansi t-tes sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui thitung >ttabel (4,443 > 2,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan dan tanpa berbantuan lembar kerja siswa.
Kata Kunci: Discovery Learning, Lembar Kerja Siswa, Penelitian Eksperimen
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 112