PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG  BERBANTUAN DAN TANPA BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA

  • ARIK DIYAH MURYANI

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan dan tanpa berbantuan Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan dan tanpa berbantuan Lembar Kerja Siswa pada mata diklat akuntansi kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi  pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah  kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 35,75 % sedangkan  kelas kontrol sebesar 25,09%. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen  sebesar 91,39 sedangkan kelas kontrol sebesar 84. Selain itu, hasil Uji Hipotesis mengunakan bantuan program SPSS dengan uji statistik Independen Samples Test menunjukkan taraf signifikansi t-tes sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui thitung >ttabel (4,443 > 2,000), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan dan tanpa berbantuan lembar kerja siswa.

 

Kata Kunci: Discovery Learning, Lembar Kerja Siswa, Penelitian Eksperimen

Published
2015-08-21
How to Cite
DIYAH MURYANI, A. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING YANG  BERBANTUAN DAN TANPA BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13022
Section
Article
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 112