PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR MATERI SISTEM PENILAIAN PERSEDIAAN
Abstract
Evaluasi merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran yang merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan belajar. Evaluasi menjadi salah satu gambaran keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat evaluasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator dengan judul Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan yang memperoleh kelayakan sebagai alat evaluasi pembelajaran. Alat evaluasi ini dikembangkan dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli evaluasi, dan 20 siswa kelas XI Akuntansi 3 di SMK Negeri 2 Nganjuk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembah telaah ahli materi, lembah telaah ahli evaluasi, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli evaluasi, analisis butir soal dan angket respon siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala penilaian. Hasil validasi dari ahli evaluasi memperoleh skor 80% dengan kriteria layak, validasi dari ahli materi memperoleh rata-rata 81% dengan kriteria sangat layak. Butir soal kemudian dianalisis dan diuji cobakan kepada siswa dengan perolehan skor 85% dengan kriteria sangat baik. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba terbatas diperoleh rata-rata skor 81% sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi yang dikembangkan peneliti dintayakan sangat layak sebagai alat evaluasi dalam kegiatan pembelajaran akuntansi keuangan pada materi sistem penilaian persediaan.
Kata kunci : Evaluasi Pembelajaran,Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK, Wondershare Quiz Creator, Sistem Penilaian Persediaan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 781