PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI REKONSILIASI BANK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik materi rekonsiliasi bank, mengetahui kelayakan modul, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4-D. Namun penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan saja Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi komponen kelayakan isi sebesar 77,65%, komponen kelayakan penyajian sebesar 84%, komponen kelayakan bahasa sebesar 86,22% dan komponen kelayakan kegrafikaan sebesar 83,39%. Keseluruhan hasil validasi modul berdasarkan 4 komponen kelayakan dari para ahli diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,81%. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sangat baik menurut respon siswa dengan hasil persentase sebesar 95,83%.
Kata Kunci: modul, pendekatan saintifik, rekonsilasi bank.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 658