PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAAJR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Faktor pendorong dari ketercapaian tujuan belajar di sekolah adalah penggunaan model pembelajaran, motivasi dari siswa dan faktor pendorong lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dan konvensional, siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi maupun rendah dan pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan design faktorial 2x2. Berdasarkan hasil uji anava menunjukkan nilai uji anava sebesar 55,589 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 pada hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dan Konvensional, uji anava sebesar 25,530 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 pada hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi maupun rendah, dan nilai uji anava sebesar 4,812 dengan taraf signifikan 0,032 pada pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: model pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 102