PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAAJR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • DELINA WIDYANASTITI

Abstract

Faktor pendorong dari ketercapaian tujuan belajar di sekolah adalah penggunaan model pembelajaran, motivasi dari siswa dan faktor pendorong lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dan konvensional, siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi maupun rendah dan pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan design faktorial 2x2. Berdasarkan hasil uji anava menunjukkan nilai uji anava sebesar 55,589 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 pada hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dan Konvensional, uji anava sebesar 25,530 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 pada hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi maupun rendah, dan nilai uji anava sebesar 4,812 dengan taraf signifikan 0,032 pada pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: model pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar

Published
2015-08-27
How to Cite
WIDYANASTITI, D. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAAJR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13177
Section
Article
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 102