PENGARUH INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI
Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang telah terjadi melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dapat menggunakan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran problem based learning, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah, serta interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2.Penelitian dilakukan dengan jumlah populasi sebanyak 72 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan kelas X AK 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran problem based learning, dengan nilaiuji-F= 4,488 dan P-value= 0,038 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah, dengan nilai uji-F= 9,416 dan P-Value= 0,003 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai uji-F=8,697 dan P-Value=0,004 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05.
Kata kunci : Model pembelajaran, Berpikir kritis, Hasil belajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 158