PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PIUTANG BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN
Abstract
Bahan ajar yang digunakan untuk akuntansi piutang di SMK Negeri 2 Buduran belum sesuai dengan kurikulum 2013 dan proses pembelajaran masih berpausat pada guru. Sedangkan pada kurikulum 2013 siswa diharuskan untuk aktif membangun pengetahuan mereka sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul akuntansi piutang berbasis scientific approach berdasarkan hasil validasi dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan data kualitatif berupa angket telaah para ahli. Sedangkan angket tertutup menghasilkan data kuantitatif berupa angket validasi para ahli dan angket respon siswa. Hasil skor persentase validasi diperoleh berdasarkan perhitungan skala Likert sedangkan respon siswa menggunakan skala Guttman.Hasil penelitian dari seluruh validasi para ahli menunjukkan rata-rata persentase sebesar 89,27% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 97,16% dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi piutang berbasis scientific approach pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 2 Buduran memiliki kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci:Modul, Akuntansi Piutang, Scientific Approach
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 178