PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PIUTANG BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN

  • FARIDATUL MASRUROH

Abstract

Bahan ajar yang digunakan untuk akuntansi piutang di SMK Negeri 2 Buduran belum sesuai dengan kurikulum 2013 dan proses pembelajaran masih berpausat pada guru. Sedangkan pada kurikulum 2013 siswa diharuskan untuk aktif membangun pengetahuan mereka sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul akuntansi piutang berbasis scientific approach berdasarkan hasil validasi dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan data kualitatif berupa angket telaah para ahli. Sedangkan angket tertutup menghasilkan data kuantitatif berupa angket validasi para ahli dan angket respon siswa. Hasil skor persentase validasi diperoleh berdasarkan perhitungan skala Likert sedangkan respon siswa menggunakan skala Guttman.Hasil penelitian dari seluruh validasi para ahli menunjukkan rata-rata persentase sebesar 89,27% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa menunjukkan rata-rata persentase sebesar 97,16% dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan  bahwa modul akuntansi piutang  berbasis scientific approach pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 2 Buduran memiliki kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci:Modul, Akuntansi Piutang, Scientific Approach

Published
2015-08-27
How to Cite
MASRUROH, F. (2015). PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PIUTANG BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13184
Section
Article
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 178