STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 NGANJUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning pada mata pelajaran akuntansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis true experiment design menggunakan desain Pretest Postest Control Group Design dimana terdapat kelas eksperimen dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang selanjutnya diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Tempat penelitian ini adalah di SMK Negeri 2 Nganjuk sedangkan subjek yang diteliti adalah siswa kelas X prodi Akuntansi. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 4 sebagi kelas kontrol, dengan jumlah siswa kedua kelas tersebut sebesar 34 siswa.
Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 91,17 dan nilai rata-rata kelas kontrol 85,29. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukan hasil sebesar 0,026 atau kurang dari 0,05. Hasil tersebut menunjukan taraf signifikan kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan Problem Based Learning.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 99