PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI ASET TETAP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMETASI K-13 DI SMKN 2 BUDURAN

  • DESTI AYU NOVIANTI

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan melatihkan ketrampilan proses yang dicerminkan dalam kegiatan pembelajaran yang dikenal sebagai pendekatan saintifk. Saat ini kurikulum 2013 telah diterapkan, namun pemerintah belum menyediakan bahan ajar yang layak dan sesuai dengan kurikulum 2013. Diperlukan suatu bahan ajar yang inovatif, dan kreatif, dan sesuai dengan kurikulum 2013 berupa modul dengan pendekatan saintifik. Tujuan akhir penelitian ini adalah menghasilkan produk akhir berupa modul akuntansi berbasis pendekatan saintifik dengan materi aset tetap, mengetahui kelayakan modul, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka berupa angket telaah para ahli. Angket tertutup berupa angket validasi para ahli dan angket respon siswa saat uji coba terbatas. Hasil skor presentase validasi diperoleh berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert  dan respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi komponen kelayakan isi sebesar 81,75%, komponen kelayakan penyajian sebesar 80%, komponen kelayakan bahasa sebesar 92%, dan komponen kelayakan kegrafikan sebesar 82,6%.  Keseluruhan hasil validasi modul berdasarkan 4 komponen kelayakan dari para ahli diperoleh rata-rata presentase sebesar 86%. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa modul berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan sangat baik menurut respon siswa dengan hasil presentase sebesar 86,25%. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini yaitu modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung implementasi kurikulum 2013 di kelas XII akuntansi SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

 

Kata kunci : Modul, Pendekatan saintifik, Aset Tetap, SMKN 2 Buduran.

Published
2015-08-27
How to Cite
AYU NOVIANTI, D. (2015). PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI ASET TETAP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMETASI K-13 DI SMKN 2 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13193
Section
Article
Abstract Views: 1181
PDF Downloads: 1360