PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI SURABAYA

  • IRWAN ADIMAS GANDA SAPUTRA

Abstract

Pengamatan merupakan kegiatan awal dalam pendekatan saintifik yang memiliki peran sangat penting untuk memahami konsep materi yang dibahas. Dibutuhkan media untuk membuat kegiatan pengamatan menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengambangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media pembelajatan yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan media Arief S. Sadiman. Data dikumpulkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor prosentasi diperoleh berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skro sebesar 81,42%, Validasi ahli media sebesar 89,58% dan respon siswa sebesar 95,39%. Sehingga secara keseluruhan didapatkan skor sebesar 88,80%, dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran sebagai bahan pengamatan dalam bentuk video animasi sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan pengamatan pada mata pelajaran  akuntansi keuangan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bahan Pengamatan, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Keuangan

Published
2016-05-09
How to Cite
ADIMAS GANDA SAPUTRA, I. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/14831
Section
Article
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 100