PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM SOFTWARE VISUAL STUDIO 2013 PADA MATERI METODE HARGA POKOK PESANAN DAN PROSES
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran siswa diberi kemudahan dalam memahami materi pembelajaran. Media praktikum berbasis software merupakan media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media praktikum dalam pembelajaran akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu variasi dalam pembelajaran akuntansi dengan mengembangkan suatu media praktikum berbasis software pada materi metode harga pokok pesanan dan proses. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian menggunakan model penelitian pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 20 siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo yang telah menerima materi tentang metode harga pokok pesanan dan proses. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini angket telaah dan validasi ahli media, angket telaah dan validasi ahli materi, dan angket reposns siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah produk media praktikm berupa software pada materi metode harga pokok pesanan dan proses. Hasil kelayakan media dari ahli media memperoleh persentase sebesar 83,68% sehingga memenuhi kriteria Sangat Layak, ahli materi memperoleh persentase sebesar 98,67% sehingga memenuhi kriteria Sangat Layak, dan respons siswa memperoleh persentase sebesar 95,00% sehingga memenuhi kriteria Sangat Baik.
Kata kunci: Media Praktikum Berbasis Software, Visual Studio Community 2013, Metode Harga Pokok Pesanan dan Proses.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 123