PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM SOFTWARE VISUAL STUDIO 2013 PADA MATERI METODE HARGA POKOK PESANAN DAN PROSES

  • DANNY MARWAN

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran siswa diberi kemudahan dalam memahami materi pembelajaran. Media praktikum berbasis software merupakan media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media praktikum dalam pembelajaran akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu variasi dalam pembelajaran akuntansi dengan mengembangkan suatu media praktikum berbasis software pada materi metode harga pokok pesanan dan proses. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian menggunakan model penelitian pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 20 siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo yang telah menerima materi tentang metode harga pokok pesanan dan proses. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini angket telaah dan validasi ahli media, angket telaah dan validasi ahli materi, dan angket reposns siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah produk media praktikm berupa software pada materi metode harga pokok pesanan dan proses. Hasil kelayakan media dari ahli media memperoleh persentase sebesar 83,68% sehingga memenuhi kriteria Sangat Layak, ahli materi memperoleh persentase sebesar 98,67% sehingga memenuhi kriteria Sangat Layak, dan respons siswa memperoleh persentase sebesar 95,00% sehingga memenuhi kriteria Sangat Baik.

Kata kunci: Media Praktikum Berbasis Software, Visual Studio Community 2013, Metode Harga Pokok Pesanan dan Proses.

Published
2016-05-16
How to Cite
MARWAN, D. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PRAKTIKUM SOFTWARE VISUAL STUDIO 2013 PADA MATERI METODE HARGA POKOK PESANAN DAN PROSES. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/15022
Section
Article
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 123