PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • DONA OKTA FADILA

Abstract

Tingkat pemahaman akuntansi merupakan kemampuan untuk memahami dan mengerti tentang akuntansi. Tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi, minat belajar dan kepercayaan diri.

                Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganlisis pengaruh langsung hasil belajar Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Minat belajar terhadap tingkat pemahaman Akuntansi dan pengaruh tidak langsung kepercayaan diri memperkuat atau memperlemah pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Surabaya.

                Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t (1) hasil belajar pengantar akuntansi sebesar 2,51, (2) hasil belajar matematika ekonomi 2,917 , dan (3) minat belajar sebesar 47,266 sedangkan dengan adanya (4) kepercayaan diri sebagai variabel  moderasi memperlemah pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi sebesar -0,00122, (5) kepercayaan diri memperkuat pengaruh hasil belajar matematika ekonomi sebesar 0,00101 dan (6) kepercayaan diri memperlemah pengaruh minat belajar sebesar -0,001695 terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Nilai R Square menunjukkan 20,9 % dipengaruhi oleh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar dan 79,1% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam permodelan.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Minat Belajar, Kepercayaan Diri, Pemahaman Akuntansi

Published
2016-08-26
How to Cite
OKTA FADILA, D. (2016). PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17036
Section
Article
Abstract Views: 285
PDF Downloads: 346