PENGEMBANGAN  MODUL SPREADSHEET SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA

  • ANDIN GANISKATRINA

Abstract

Modul spreadsheet yang digunakan pada  SMK Negeri di Surabaya masih belum sesuai dengan Kurikulum 2013. Sedangkan Kurikulum 2013 yang sedang dilaksanakan di Indonesia menggunakan metode pendekatan saintifik pada pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran spreadsheet pada materi akuntansi perusahaan jasa kelas sepuluh akuntansi SMK Negeri di Surabaya yang teruji layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan memperoleh respon yang baik dari peserta didik. Modul spreadsheet yang dikembangkan sesuai dengan pembelajaran Kurikulum 2013 di mana mengacu pada pendekatan saintifik. Terdapat 5M yaitu (Mengamati, Menanya, Mencari Infomasi, Menalar, dan Mengkomunikasikan) pada setiap pembelajaran. Pengembangan modul pembelajaran spreadsheet menggunakan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Hasil validasi pengembangan modul spreadsheet dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafik memperoleh rata-rata persentase sebesar 86,44%, 82,85%, 78,63%. Maka perolehan rata-rata persentase secara keseluruhan dari para ahli sebesar 82,64% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 95,12% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran spreadsheet dengan materi perusahaan jasa untuk kelas 10 akuntansi SMK Negeri di Surabaya sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Spreadsheet, Perusahaan Jasa

Published
2016-08-26
How to Cite
GANISKATRINA, A. (2016). PENGEMBANGAN  MODUL SPREADSHEET SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17038
Section
Article
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 208