“PENGEMBANGAN MODUL KOMPUTER AKUNTANSI MYOB BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI PERUSHAAN DAGANG
Abstract
Penggunaan software MYOB accounting pada mata pelajaran komputer akuntansi merupakan pelajaran produktif akuntansi di SMK. Supaya pembelajaran komputer akuntansi efektif, menarik dan diminati banyak siswa, upaya yang bisa dilakukan guru adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMKN 1 Sooko, pembelajaran komputer akuntansi MYOB di sekolah ini belum sesuai dengan kurikulum 2013, pembelajaran praktikum MYOB masih terfokus pada arahan guru. untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya pengembangan modul komputer akuntansi yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap modul komputer akuntansi MYOB berbasis scientific approach pada kompetensi dasar pencatatan transaksi perusahaan dagang di SMK Negeri 1 Sooko. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Develope, Implementation dan Evaluation. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sooko. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan modul komputer akuntansi MYOB berbasis scientific approach pada kompetensi dasar pencatatan transaksi perusahaan dagang mendapat skor dari ahli materi sebesar 80,10% untuk kelayakan materi. Ahli grafis memberikan skor 86% untuk kelayakan kegrafikan, dan ahli bahasa memberikan skor 89,5% untuk kelayakan kebahasaan. Rata – rata persentase seluruh validasi para ahli adalah 85,2% dengan kriteria sangat layak. Kemudian hasil rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 95,83% dengan kriteria sangat baik.
.
Kata kunci: Modul, Komputer Akuntansi, MYOB, Scientific Approach, Pencatatan Transaksi Perusahaan Dagang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 85