PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Abstract
Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi diharapkan setelah lulus mampu memberikan pengetahuan ilmu mereka kepada peserta didik dalam bidang akuntansi, sehingga mahasiswa diharapkan memiliki tingkat pemahaman akuntansi yang baik. Tingkat pemahaman akuntansi sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional, hasil belajar matematika ekonomi, dan perilaku belajar dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: kecerdasan emosional tehadap tingkat pemahaman akuntansi, hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri dapat memperkuat/memperlemah pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri dapat memperkuat/memperlemah pengaruh hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman, dan kepercayaan diri dapat memperkuat/memperlemah pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2012. Populasi penelitian ini Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2012. Sampel yang digunakan adalah 80 Mahasiswa dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode alternatif Structural Equation Model Partial Least Square (SEM PLS) dengan software SmartPLS 2.0.Hasil Penelitian menjelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, tidak terdapat pengaruh antara perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, serta perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata Kunci : Kecerdasan emosional, hasil belajar, perilaku belajar, pemahaman akuntansi, kepercayaan diri
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

