PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • ATIKA DIAN P

Abstract

Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi diharapkan setelah lulus mampu memberikan pengetahuan  ilmu mereka kepada peserta didik dalam bidang akuntansi, sehingga mahasiswa diharapkan memiliki tingkat pemahaman akuntansi yang baik. Tingkat pemahaman akuntansi sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional, hasil belajar matematika ekonomi, dan perilaku belajar dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderating. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: kecerdasan emosional tehadap tingkat pemahaman akuntansi, hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri dapat memperkuat/memperlemah pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kepercayaan diri dapat memperkuat/memperlemah pengaruh hasil belajar matematika ekonomi terhadap  tingkat pemahaman, dan kepercayaan diri dapat memperkuat/memperlemah pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2012. Populasi penelitian ini Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2012. Sampel yang digunakan adalah 80 Mahasiswa dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode alternatif Structural Equation Model Partial Least Square (SEM PLS) dengan software SmartPLS 2.0.Hasil Penelitian menjelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, tidak terdapat pengaruh antara perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan kepercayaan diri tidak memoderasi pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, hasil belajar matematika ekonomi terhadap tingkat pemahaman akuntansi, serta perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

 

Kata Kunci : Kecerdasan emosional, hasil belajar, perilaku belajar,  pemahaman akuntansi, kepercayaan diri

Published
2016-08-26
How to Cite
DIAN P, A. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17044
Section
Article
Abstract Views: 145
PDF Downloads: 169