PENGARUH PEMAHAMAN SIKLUS AKUNTANSI, MEDIA PEMBELAJARAN, SIMULASI DIGITAL DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman siklus akuntansi, media pembelajaran, simulasi digital dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian 138 siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pemahaman siklus akuntansi, media pembelajaran, simulasi digital dan fasilitas laboratorium komputer berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk. Sedangkan pengujian secara parsial diperoleh hasil bahwa pemahaman siklus akuntansi berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 4,501 dengan signifikansi 0,000. Media pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 2,239 dengan signifikansi 0,027. Simulasi digital secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 6,307 dengan signifikansi 0,000, dan fasilitas laboratorium komputer secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 2,565 dengan signifikansi 0,012, hasil uji F sebesar 80,910 dengan signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Siklus Akuntansi, Media Pembelajaran, Simulasi Digital, Komputer Akuntansi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 170