PENGARUH PEMAHAMAN SIKLUS AKUNTANSI, MEDIA PEMBELAJARAN, SIMULASI DIGITAL DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI

  • DYAH DESIANI PANGESTU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman siklus akuntansi, media pembelajaran, simulasi digital dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian 138 siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pemahaman siklus akuntansi, media pembelajaran, simulasi digital dan fasilitas laboratorium komputer berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk. Sedangkan pengujian secara parsial diperoleh hasil bahwa pemahaman siklus akuntansi berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 4,501 dengan signifikansi 0,000. Media pembelajaran secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 2,239 dengan signifikansi 0,027. Simulasi digital secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 6,307 dengan signifikansi 0,000, dan fasilitas laboratorium komputer secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk dengan nilai t hitung sebesar 2,565 dengan signifikansi 0,012, hasil uji F sebesar 80,910 dengan signifikansi 0,000.

Kata Kunci: Siklus Akuntansi, Media Pembelajaran, Simulasi Digital, Komputer Akuntansi.

Published
2016-08-26
How to Cite
DESIANI PANGESTU, D. (2016). PENGARUH PEMAHAMAN SIKLUS AKUNTANSI, MEDIA PEMBELAJARAN, SIMULASI DIGITAL DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17047
Section
Article
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 170