PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI MYOB PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII AKUNTANSI
Abstract
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan pendapat siswa terhadap modul berbasis scientific approach mata pelajaran komputer akuntansi MYOB perusahaan manufaktur metode harga pokok pesanan kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 2 Nganjuk. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup.Angket terbuka menghasilkan data kualitatif yaitu berupa telaah oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis.Sedangkan angket tertutup menghasilkan data kuantitatif yaitu berupa validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis, dan uji coba terbatas.Hasil skor presentase validasi diperoleh berdasarkan perhitungan skala Likert sedangkan uji coba terbatas menggunakan skala Guttman.Hasil penelitian menunjukkan 88,2%untuk penilaian ahli materi, 85,6% untuk penilaian ahli bahasa, 83,6% untuk penilaian ahli grafis dan 84,6% untuk uji coba terbatas, sehingga secara keseluruhan diperoleh skor 85,55% dan dapat disimpulkan bahwamodul berbasisscientific approach mata pelajaran komputer akuntansi MYOB perusahaan manufaktur metode harga pokok pesanan kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 2 Nganjuk memiliki kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Kata Kunci : Modul, Komputer Akuntansi MYOB, Scientific Approach, Perusahaan Manufaktur, Metode Harga Pokok Pesanan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 67