PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ASET TETAP
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa Lembar Kegiatan Siswa sebagai penunjang pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi aset tetap untuk siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Ngawi yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa, kelayakan Lembar Kegiatan Siswa, dan respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan tersebut. Proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ini menggunakan model pengembangan ADDIE, tetapi yang dilakukan hanya terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, dan Implementation (ADDI). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Kuesioner terbuka digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif berupa kuesioner telaah para ahli, sedangkan kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif berupa kuesioner validasi para ahli dan kuesioner respon siswa. Siswa yang menjadi subjek uji coba terbatas dalam kelompok kecil adalah 20 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Ngawi yang telah menerima materi aset tetap. Hasil penelitian menunjukkan validasi komponen kelayakan isi sebesar 79,29%, penyajian sebesar 82,86%, kebahasaan sebesar 80%, dan kegrafikan sebesar 85,34%. Keseluruhan hasil validasi dari empat komponen tersebut diperoleh rata-rata persentase sebesar 81,87% yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan respon siswa sangat baik terhadap Lembar Kegiatan Siswa yang dikembangkan tersebut dengan rata-rata persentase sebesar 95,42%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa ini sangat layak untuk dijadikan bahan ajar sebagai penunjang pembelajaran dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Ngawi.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik, Aset Tetap.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 25