PENGEMBANGAN LKS DALAM RANGKA MENUNJANG PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA

  • TITI NUR CAHYANING DEWI

Abstract

Saat ini Kurikulum yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah Kurikulum 2013. Namun, berdasarkan permasalahan yang ada yaitu tidak adanya bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Dengan pengembangan ini bertujuan agar menghasilkan sebuah  produk yang berupa Lembar Kegiatan Siswa dalam rangka menunjang pembelajaran berbasis Scientific Approach pada materi laporan keuangan perusahaan jasa. Uji coba terbatas dilakukan di SMK Negeri 4 Surabaya. Subjek ujicoba 20 siswa yang dipilih secara heterogen. Menggunakan jenis penelitian dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan dengan keterbatasan tidak dilaksanakan tahap desseminate. Hasil kelayakan isi sebesar 82,96% dengan kriteria “sangat layak”, penyajian sebesar 84,27% dengan kriteria “sangat layak”, bahasa sebesar 93,33% dengan kriteria “sangat layak”, dan kegrafikan sebesar 93,33% dengan kriteria “sangat layak”. Rata-rata keempat komponen tersebut adalah 88,47% dengan kriteria “sangat layak”. Rata-rata presentase dari respon siswa sebesar 96,04% dengan kriteria “sangat baik”, kesimpulan menunjukkan pengembangan LKS dalam rangka menunjang pembelajaran berbasis Scientiic Approach sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: LKS, Kurikulum 2013, Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.

Published
2016-08-26
How to Cite
NUR CAHYANING DEWI, T. (2016). PENGEMBANGAN LKS DALAM RANGKA MENUNJANG PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17055
Section
Article
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 79