PENGEMBANGAN LKS DALAM RANGKA MENUNJANG PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA
Abstract
Saat ini Kurikulum yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah Kurikulum 2013. Namun, berdasarkan permasalahan yang ada yaitu tidak adanya bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Dengan pengembangan ini bertujuan agar menghasilkan sebuah produk yang berupa Lembar Kegiatan Siswa dalam rangka menunjang pembelajaran berbasis Scientific Approach pada materi laporan keuangan perusahaan jasa. Uji coba terbatas dilakukan di SMK Negeri 4 Surabaya. Subjek ujicoba 20 siswa yang dipilih secara heterogen. Menggunakan jenis penelitian dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan dengan keterbatasan tidak dilaksanakan tahap desseminate. Hasil kelayakan isi sebesar 82,96% dengan kriteria “sangat layak”, penyajian sebesar 84,27% dengan kriteria “sangat layak”, bahasa sebesar 93,33% dengan kriteria “sangat layak”, dan kegrafikan sebesar 93,33% dengan kriteria “sangat layak”. Rata-rata keempat komponen tersebut adalah 88,47% dengan kriteria “sangat layak”. Rata-rata presentase dari respon siswa sebesar 96,04% dengan kriteria “sangat baik”, kesimpulan menunjukkan pengembangan LKS dalam rangka menunjang pembelajaran berbasis Scientiic Approach sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: LKS, Kurikulum 2013, Laporan Keuangan Perusahaan Jasa.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 79