PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR DI KURIKULUM 2013 MATERI JURNAL KHUSUS
Abstract
Sejalan dengan pelaksanaan kurikulum 2013, pemerintah berjanji akan menyediakan bahan ajar yang berkenaan dengan buku siswa maupun buku pegangan guru. Namun, masalah yang muncul adalah masih banyak bahan ajar yang belum tersedia. Sehingga hal ini menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam kegiatan belajar dan guru dalam kegiatan mengajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk akhir berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai penunjang pembelajaran dalam kurikulum 2013 pada kompetensi dasar penggunaan jurnal khusus perusahaan dagang, menganalisis kelayakan LKS, dan menganalisis respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). “Model pengembangan menggunakan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation” (Pribadi, 2011). Hasil penelitian menunjukkan skor kelayakan isi sebesar 83,64% dengan kriteria sangat layak, skor penyajian sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, skor bahasa sebesar 85,45% dengan kriteria sangat layak, dan skor kegrafikan sebesar 80% dengan kriteria layak. Sedangkan skor Rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata keempat komponen telaah dan validasi tersebut adalah 84,77% dengan kriteria sangat layak. Maka dapat disimpulkan LKS ini layak untuk dipakai karena mendapatkan respon baik dari penerima pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan LKS, Kurikulum 2013, Jurnal Khusus Perusahaan Dagang.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 213