PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR DI KURIKULUM 2013 MATERI JURNAL KHUSUS

  • VIDIA PATTASHIKI

Abstract

Sejalan dengan pelaksanaan kurikulum 2013, pemerintah berjanji akan menyediakan bahan ajar yang berkenaan dengan buku siswa maupun buku pegangan guru. Namun, masalah yang muncul adalah masih banyak bahan ajar yang belum tersedia. Sehingga hal ini menimbulkan kesulitan bagi siswa dalam kegiatan belajar dan guru dalam kegiatan mengajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk akhir berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai penunjang pembelajaran dalam kurikulum 2013 pada kompetensi dasar penggunaan jurnal khusus perusahaan dagang, menganalisis  kelayakan LKS, dan menganalisis respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). “Model pengembangan menggunakan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation” (Pribadi, 2011). Hasil penelitian menunjukkan skor kelayakan isi sebesar 83,64% dengan kriteria sangat layak, skor penyajian sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, skor bahasa sebesar 85,45% dengan kriteria sangat layak, dan skor kegrafikan sebesar 80% dengan kriteria layak. Sedangkan skor Rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata keempat komponen telaah dan validasi tersebut adalah 84,77% dengan kriteria sangat layak. Maka dapat disimpulkan LKS ini layak untuk dipakai karena mendapatkan respon baik dari penerima pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan LKS, Kurikulum 2013, Jurnal Khusus Perusahaan Dagang.

Published
2016-08-26
How to Cite
PATTASHIKI, V. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR DI KURIKULUM 2013 MATERI JURNAL KHUSUS. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17056
Section
Article
Abstract Views: 184
PDF Downloads: 213