PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG
Abstract
Tujuan penelitian untuk memperoleh produk berupa Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pendukung implementasi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata diklat akuntansi perusahaan dagang, untuk melihat tingkat kelayakan serta respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan yaitu 4-D. Namun pada penelitian ini menghilangkan salah satu tahap yaitu penyebaran karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam suatu proses pembelajaran berdasarkan komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Berdasarkan validasi para ahli dari seluruh komponen memperoleh rata-rata prosentase sebesar 96,38%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS menurut respon siswa sangat baik dengan prosentase sebesar 96,50%.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Perusahaan Dagang.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 223