PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI  PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

  • WIKI MANDRANITIYA

Abstract

Tujuan penelitian untuk memperoleh produk berupa Lembar Kerja Siswa sebagai bahan ajar pendukung implementasi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata diklat akuntansi perusahaan dagang, untuk melihat tingkat kelayakan serta respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan yaitu 4-D. Namun pada penelitian ini menghilangkan salah satu tahap yaitu penyebaran karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam suatu proses pembelajaran berdasarkan komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Berdasarkan validasi para ahli dari seluruh komponen memperoleh rata-rata prosentase sebesar 96,38%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS menurut respon siswa sangat baik dengan prosentase sebesar 96,50%.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Perusahaan Dagang.

Published
2016-08-26
How to Cite
MANDRANITIYA, W. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SEBAGAI  PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17062
Section
Article
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 223