PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOLA (MONOPOLI BERJENDELA) AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA

  • EKO DWI PRASETYO

Abstract

 

 

Media pembelajaran yaitu suatu alat bantu yang bisa digunakan oleh guru dalam kegitan pembelajaran. Salah satu media inovatif yang dapat dikembangkan berupa media permainan. Permainan akan menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menarik, menyenangkan, dan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan permainan monola (monopoli berjendela) akuntansi sebagai media pengayaan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa kelas X di SMK Negeri 4 Surabaya yang teruji layak digunakan dalam kegiatan pengayaan dan mendapatkan respon positif dari siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan lembar validasi dari para ahli serta angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 88,57% dengan kriteria sangat layak dan validasi dari ahli media memperoleh skor 77,14% dengan kriteria layak. Rata–rata persentase seluruh validasi para ahli sebesar  84,76% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 91,67% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pengayaan, Monopoli, ADDIE, Jurnal Penyesuaian

Published
2016-08-26
How to Cite
DWI PRASETYO, E. (2016). PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOLA (MONOPOLI BERJENDELA) AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17077
Section
Article
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 88