PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 PADA MATERI JURNAL KHUSUS KELAS XI AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul, kelayakan modul dan respon siswa terhadap modul perusahaan dagang sebagai pendukung kurikulum 2103 pada materi jurnal khusus kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Penelitian ini hanya sampai dengan tahap pengembangan (develop). Uji coba penelitian dilaksanakan oleh 30 siswa kelas XI Akuntansi dari SMK Negeri 1 Surabaya, SMK Negeri 4 Surabaya dan SMK Negeri 10 Surabaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini menggunakan lembar telaah ahli, lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan menunjukkan bahwa kelayakan isi sejumlah 86,6% dengan indikator sangat layak, penyajian sejumlah 90,71% dengan indikator sangat layak, bahasa sejumlah 85,71% dengan indikator sangat layak dan kegrafikan sejumlah 91,01% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata dari komponen yang ada adalah sejumlah 88,36% dengan indikator sangat layak. Rata-rata dari hasil persentase dari respon siswa adalah sejumlah 97,76% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci : modul, kurikulum 2013, jurnal khusus.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 214