PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI KEUANGAN SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 PADA MATERI AKUNTANSI PERSEDIAAN KELAS XI AKUNTANSI
Abstract
Didalam Kurikulum 2013 terdapat 5 tahap dalam pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan saintifik yang dikenal dengan 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan). Akuntansi persediaan merupakan salah satu materi pelajaran yang dirasa sulit oleh siswa SMK jurusan akuntansi. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran disekolah kurang menarik dan masih belum sesuai dengan Kurikulum 2013. Sehingga untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, diperlukan pengembangan bahan ajar yang menarik, yang dapat memudahkan siswa memahami konsep akuntansi persediaan serta dapat membuat pembelajaran berpusat pada siswa agar dapat sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Bahan ajar yang perlu dikembangkan adalah sebuah modul yang menarik dan yang dapat mendukung pengimplementasian Kurikulum 2013. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap modul akuntansi sebagai pendukung Kurikulum 2013 pada materi akuntansi persediaan untuk siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan mennggunakan model pengembangan 4 D dari Thiagarajan. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Uji coba dilakukan dengan 30 siswa kelas XI Akuntansi dari SMK Negeri 1 Surabaya, SMK Negeri 4 Surabaya, dan SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kelayakan isi sebesar 90,66% dengan criteria sangat layak, penyajian sebesar 89,68% dengan criteria sangat layak, bahasa sebesar 89,04% dengan criteria sangat layak, dan kegrafikan sebesar 90,41% dengan criteria sangat layak. Rata rata dari keempat komponen tersebut adalah 89,94% dengan kriteria sangat layak. Rata rata persentase dari respon siswa sebesar 96,72% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci: modul, akuntansi persediaan, Kurikulum 2013
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

