PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR PERBANKAN DI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Abstrak
Pada kurikulum 2013 telah ditentukan KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) yang harus dikuasai siswa. Pada akhir pembelajaran akan dilakukan evaluasi untuk menentukan tingkat pencapaian belajar. Jika siswa telah mencapai ketuntasan minimum yang ditentukan maka diberikan program pengayaan.Untuk menjadikan kegiatan pengayaan lebih efektif dan menyenangkan diperlukan sebuah media. Tujuan penelitian ini menghasilkan permainan ular tangga sebagai media pengayaan pada mata pelajaran dasar – dasar perbankan di SMK Negeri Mojoagung yang layak digunakan serta mendapat respon yang positif dari siswa.
Media permainan ular tangga ini dikembangkan menggunakan model ADDIE yang dikemukakan oleh Russer dan Mollenda. Uji coba dilakukan dalam kelompok kecil pada 20 orang siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung yang telah menerima materi kredit,prosedur pemberian kredit, kredit macet dan bunga kredit. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar telaah dan validasi ahli materi, lembar telaah dan validasi ahli media serta angket respon siswa. Hasil data yang diperoleh dari telaah akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disimpulkan untuk merevisi produk, sedangkan hasil validasi dan angket respon siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase dan kategorisasi.
Hasil validasi oleh ahli materi mendapat persentase 86,42% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 79,17% dengan kriteria layak dan respon siswa mendapat persentase 88,33% dengan kriteria layak. Hasil rata – rata secara keseluruhan dari validasi materi, media dan respon siswa sebesar 84,64% sehingga disimpulkan media permainan ular tangga yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pengayaan.
Kata kunci : media, permainan ular tangga, dasar – dasar perbankan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 277