PENGEMBANGAN LKS SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) MASA PPH PASAL 21

  • DUWI HANDAYANI AYUNINGTIAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai pendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi Surat Pemberitahuan (SPT) masa PPh pasal 21, mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Dalam penelitian pengembangan LKS ini menggunakan pengembangan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi atau penerapan), dan Evaluation (evaluasi atau penilaian) yang dikembangkan oleh Grafinger (dalam Moelenda, 2003). Tahapan-tahapan pada model pengembangan tersebut sederhana dan mudah dipelajari (Pribadi, 2010).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS sebagai pendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan komponen kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Berdasarkan validasi dari para ahli diperoleh rata-rata persentase sebesar 86 %. Dengan validasi dari ahli materi sebesar 87 %, ahli bahasa sebesar 85 % dan ahli grafik sebesar 86 %. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak menurut respon siswa dengan hasil persentase sebesar 89 %.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Pendekatan Saintifik, SPT, ADDIE

Published
2016-08-29
How to Cite
HANDAYANI AYUNINGTIAS, D. (2016). PENGEMBANGAN LKS SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) MASA PPH PASAL 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17114
Section
Article
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 24