PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI REKONSILIASI BANK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa materi rekonsiliasi bank yang digunakan sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013, mengetahui tingkat kelayakannya, dan respon siswa terhadap produk bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa materi rekonsiliasi bank yang dikembangkan. Model penelitian pengembangan yang dipakai adalah model 4-D menurut Thiagarajan, yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa: 1) pengembangan Lembar Kegiatan Siswa berbasis scientific approach sebagai bahan ajar pendukung implementasi Kurikulum 2013, 2) kelayakan Lembar Kegiatan Siswa terdiri atas kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan, memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 84,75%, dengan kategori sangat layak, 3) respons siswa memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 93,125%, dengan kategori sangat baik. Lembar Kegiatan Siswa berbasis scientific approach sebagai bahan ajar pendukung implementasi Kurikulum 2013, secara keseluruhan dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar.
Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa, Kurikulum 2013
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 33