PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENUNJANG KURIKULUM 2013 PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI
Abstract
Mata pelajaran akuntansi sering dianggap sulit oleh siswa SMA, khusunya materi persamaan dasar akuntansi . Bahan ajar yang digunakan oleh guru belum membantu siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik dan dapat memudahkan siswa memahami materi persamaan dasar akuntansi. Media pembelajaran yang perlu dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis audio visual untuk menunjang kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis audio visual untuk menunjang kurikulum 2013 pada materi persamaan dasar akuntansi di SMA Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilaksanakan dengan 20 siswa kelas XII IPS 1 dari SMA Negeri 1 Driyorejo. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan kualitas isi dan tujuan sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, kualitas instruksioanl sebesar 89% dengan kriteria sangat layak, dan kualitas teknis sebesar 88,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata ketiga komponen tersebut adalah 88,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 91% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : media pembelajaran, audio visual, persamaan dasar akuntansi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 142