PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENUNJANG KURIKULUM 2013 PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

  • MARISA DITASARI

Abstract

Mata pelajaran akuntansi sering dianggap sulit oleh siswa SMA, khusunya materi persamaan dasar akuntansi . Bahan ajar yang digunakan oleh guru belum membantu siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan dalam pembelajaran  kurikulum 2013. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik dan dapat memudahkan siswa memahami materi persamaan dasar akuntansi. Media pembelajaran yang perlu dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis audio visual untuk menunjang kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis audio visual untuk menunjang kurikulum 2013 pada materi persamaan dasar akuntansi di SMA Negeri 1 Driyorejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilaksanakan dengan 20 siswa kelas XII IPS 1 dari SMA Negeri 1 Driyorejo. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan kualitas isi dan tujuan sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, kualitas instruksioanl sebesar 89% dengan kriteria sangat layak, dan kualitas teknis sebesar 88,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata ketiga komponen tersebut adalah 88,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 91% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, audio visual, persamaan dasar akuntansi.

Published
2016-08-29
How to Cite
DITASARI, M. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENUNJANG KURIKULUM 2013 PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17141
Section
Article
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 142