PENGEMBANGAN MODUL PAKET PROGRAM PENGOLAH ANGKA/SPREADSHEET SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PONOROGO
Abstract
Implementasi Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi dalam pembelajaran, pembentukan kompetensi dan karakter peserta didik. SMK Negeri 1 Ponorogo telah menerapkan Kurikulum 2013, namun bahan ajar untuk materi akuntansi belum disediakan oleh pemerintah khususnya pada materi spreadsheet siklus akuntansi perusahaan dagang. Metode pembelajaran yaitu ceramah dan praktek, sehingga siswa merasa kesulitan di dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul paket program pengolah angka/spreadsheet siklus akuntansi perusahaan dagang sebagai pendukung implementasi kurikulum 2013 untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Ponorogo yang teruji layak digunakan dalam pembelajaran serta memperoleh respon positif dari siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D menurut Tiagarajan, yaitu define, design, develope dan disseminate. Namun pada penelitian ini tidak melakukan tahap disseminate dikarenakan keterbatasan peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah, lembar validasi para ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari komponen kelayakan isi sebesar 88,97% dengan kriteria “Sangat Layak”, komponen kelayakan penyajian sebesar 89,16% dengan kriteria “Sangat Layak”, komponen kelayakan bahasa sebesar 100% dengan kriteria “Sangat Layak” dan komponen kegrafikan sebesar 73,91% dengan kriteria “Layak”. Keseluruhan hasil validasi modul diperoleh rata-rata presentase sebesar 88,01% dengan kriteria “Sangat Layak”. Dan hasil uji coba terbatas menunjukkan presentase sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Baik”.
Kata kunci: Modul, Paket Program Pengolah Angka/Spreadsheet, Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang, Kurikulum 2013.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 204