PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN
Abstract
Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam pembelajaran memiliki langkah-langkah meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta (Majid, 2014:211). Dalam langkah – langkah pembelajaran tersebut, fase mengamati merupakan salah fase penunjang yang penting. Oleh karena itu guru sebagai fasilitator sebaiknya menyediakan media mengamati yang menunjang proses belajar mengajar yang mendukung fase mengamati dalam scientific approach. Penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan hasil modifikasi dari pengembangan Arif S. Sadiman yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Dalam pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup. Analisis keseluruhan hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh nilai rata – rata persentase sebesar 93,4%, hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84,63% dan hasil respon siswa sebesar dari uji coba terbatas diperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 95,92%. Sehingga di peroleh rata-rata sebesar 91,34%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video sebagai bahan pengamatan berbasis animasi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam fase mengamati pada kurikulum 2013 pada SMK Negeri di Surabaya.
Kata Kunci: media pembelajaran, video animasi, pengamatan, kurikulum 2013, jurnal penyesuaian perusahaan jasa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 981