PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, DAN PENGALAMAN BEKERJA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • NENI ERAWATI

Abstract

Perilaku keuangan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, dan pengalaman bekerja terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi penelitian ini berjumlah 153 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012 dan 2013 dengan sampel sebanyak 67 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, dan pengalaman bekerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (2) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (3) pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (4) pengalaman bekerja berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan.

 

Kata Kunci: literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, pengalaman bekerja, perilaku keuangan

Published
2016-12-29
How to Cite
ERAWATI, N. (2016). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, DAN PENGALAMAN BEKERJA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17949
Section
Article
Abstract Views: 689
PDF Downloads: 700