PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI, DAN PENGALAMAN BEKERJA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Perilaku keuangan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, dan pengalaman bekerja terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi penelitian ini berjumlah 153 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2012 dan 2013 dengan sampel sebanyak 67 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, dan pengalaman bekerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (2) literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (3) pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, (4) pengalaman bekerja berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan.
Kata Kunci: literasi keuangan, pembelajaran di perguruan tinggi, pengalaman bekerja, perilaku keuangan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 714