PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • CORNELIA KUSUMA WARDHANI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran moderasi motivasi belajar dalam pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sampel yang diambil sebanyak 68 responden dari populasi sebesar 324 mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Hasil analisis data diketahui bahwa secara simultan seluruh variabel bebas secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat, dimana hasil belajar pengantar akuntansi, motivasi belajar dan interaksi antar keduanya secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan secara parsial diperoleh, (1) hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) hanya terdapat pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) hasil belajar pengantar akuntansi, motivasi belajar serta interaksi antara keduanya tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Kata kunci : hasil belajar, motivasi belajar, tingkat pemahaman akuntansi

Published
2017-05-24
How to Cite
KUSUMA WARDHANI, C. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/19379
Section
Article
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 360